Gejala dan Penyebab Penyakit Herpes Zoster

Gejala dan Penyebab Penyakit Herpes Zoster - Sebagian besar masyarakat mengenal cacar air, namun ada yang kurang paham mengenai herpes zoster. Herpes zoster memiliki gejala yang mirip dengan cacar air, yaitu munculnya lepuhan kulit di beberapa bagian tubuh. Sebenarnya, penyakit ini disebabkan oleh vi*us cacar air yang bangkit kembali setelah lama menetap di akar saraf, Gejala dan Penyebab Penyakit Herpes Zoster.
Gejala dan Penyebab Penyakit Herpes Zoster
Gejala dan Penyebab Penyakit Herpes Zoster

Nama vi*us penyebabnya adalah varisela-zoster. Vi*us ini akan bangkit kembali dan menyebabkan penyakit herpes bila sebelumnya seseorang sudah pernah menderita cacar air. Jadi, bila Anda di masa kanak-kanak pernah menderita cacar air, maka ada kemungkinan saat dewasa vi*us ini akan kembali hidup. Jenis ini berbeda lagi dengan herpes genital, yaitu sejenis penyakit menular sek*ual yang disebabkan karena berganti-ganti pasangan, Gejala dan Penyebab Penyakit Herpes Zoster.
Herpes Zoster
Herpes Zoster

Tanda-tanda atau gejala sebelum penyakit herpes zoster kembali timbul biasanya berupa demam, pilek, Anda merasa lemah dan lekas lelah. Kadang disertai sakit kepala, tubuh terasa sakit, pegal, rasa terbakar, dan lainnya, Gejala dan Penyebab Penyakit Herpes Zoster.
Herpes Zoster Ophthalmicus
Herpes Zoster Ophthalmicus

Setelah demam 2-3 hari maka biasanya akan timbul bintil merah di kulit, menggelembung dan terlihat seperti melepuh. Rasa gatal dan panas sebaiknya tak membuat Anda tergoda untuk menggaruk, sebab akan menyebabkan vi*us menyebar ke kulit lainnya. Beri saja taburan bedak mint, dan usahakan Anda tetap mandi secara normal, Gejala dan Penyebab Penyakit Herpes Zoster.
Acute herpes zoster
Acute herpes zoster

Jangan gosok bagian tubuh yang sakit dengan keras, serta usahakan jangan bertukar peralatan mandi dengan orang lain. Vi*us ini menular, sehingga ada baiknya Anda tidak membiarkan anak-anak mengenai kulit Anda yang sedang menggelembung, Gejala dan Penyebab Penyakit Herpes Zoster.
Cacar Air Herpes Zoster
Cacar Air Herpes Zoster


Biasanya gelembung kulit akan timbul pada satu sisi tubuh, misalnya sisi kanan saja. Ini berkaitan dengan sisi saraf yang ditempatinya, Gejala dan Penyebab Penyakit Herpes Zoster.
Virus Herpes Zoster Penyebab Cacar
Vi*us Herpes Zoster Penyebab Cacar
Biasanya pengobatan yang akan diberikan adalah pereda nyeri seperti paracetamol, serta antivi*us semacam asiklovir. Ada pula sejenis salep bernama asiklovir yang dapat mengurangi rasa gatal dan mempercepat keringnya kulit yang menderita herpes, Gejala dan Penyebab Penyakit Herpes Zoster.