Gejala dan Penyebab Penyakit Hepatitis A

Gejala dan Penyebab Penyakit Hepatitis A - Jangan panik dulu bila salah satu anggota keluarga Anda terdiagnosa menderita penyakit hepatitis A. Sebenarnya penyakit tersebut dapat disembuhkan dengan pengobatan yang tepat, sehingga Anda tak perlu cemas berlebihan, Gejala dan Penyebab Penyakit Hepatitis A.
Gejala dan Penyebab Penyakit Hepatitis A
Gejala dan Penyebab Penyakit Hepatitis A

Penularan penyakit hepatitis A adalah melalui makanan atau minuman yang tercemar virus hepatitis A. Virus ini hidup pada tinja penderita, yang berkembang biak lalu menyebar dan masuk melalui fekal-oral atau melalui mulut, Gejala dan Penyebab Penyakit Hepatitis A.
Hepatitis A
Hepatitis A

Sejak masuk ke dalam tubuh, masa inkubasi virus tersebut adalah sekitar 28 hari. Setelah itu biasanya seseorang akan mengalami demam, pusing, diikuti dengan mual, muntah, pusing, serta mata atau kulitnya terlihat kekuningan. Ini sebab mengapa penyakit tersebut juga disebut sebagai penyakit kuning, Gejala dan Penyebab Penyakit Hepatitis A.
Pemeriksaan Hepatitis
Pemeriksaan Hepatitis

Warna air seni juga berubah menyerupai warna teh, perut kanan atas sakit, dan penderita akan kehilangan nafsu makan. Sebenarnya, berbagai gejala yang tampak tersebut menandakan bahwa sistem imun tubuh sedang berusaha melawan virus tersebut dan mengeluarkannya, Gejala dan Penyebab Penyakit Hepatitis A.
Gejala Hepatitis A
Gejala Hepatitis A

Virus penyebab hepatitis A biasanya bersarang di sel hati, merusak dan membuatnya tak berfungsi. Jika sistem imun tubuh kuat, maka penyakit tersebut dapat disembuhkan. Namun bila sistem imun tubuh lemah, atau jenis virusnya ganas (fulminant), maka kulit penderita dapat menjadi sangat kuning, tubuh bisa mengalami kejang, atau bahkan kesadaran menurun, Gejala dan Penyebab Penyakit Hepatitis A.
Penyakit Hepatitis A
Penyakit Hepatitis A

Cara mencegahnya adalah dengan tak jajan sembarangan, memilih jenis makanan yang bersih, serta tak berganti-ganti alat makan dengan penderita, Gejala dan Penyebab Penyakit Hepatitis A.
Penyebab Hepatitis
Penyebab Hepatitis

Konsumsi jus buah tomat, jus jambu biji merah, sup ayam dan sup sayuran akan membantu penderita memperkuat sistem imun tubuhnya agar dapat melawan virus penyebab hepatitis A, Gejala dan Penyebab Penyakit Hepatitis A.