Makanan yang Membuat Ngantuk

Makanan yang Membuat Ngantuk - Sulit tidur malam sangat repot. Bisa-bisa baru bisa terlelap jelang pagi dan bangun sudah sangat siang. Tapi, masalah gangguan tidur ini masih bisa diusahakan solusinya dengan mengonsumsi makanan tertentu. Studi dari Universitas Cambridge menemukan, sebelum tidur sebaiknya tidak mengonsumsi makanan kaya protein yang memengaruhi sel-sel otak (orexin) sehingga seseorang terjaga. Sebaliknya, mengonsumsi makanan ringan tertentu bisa memromosikan mata untuk mengantuk, Makanan yang Membuat Ngantuk.
Makanan yang Membuat Ngantuk
Makanan yang Membuat Ngantuk

Dikutip dari Yahoo.net, inilah beberapa makanan alami untuk mempermudah mata terlelap:

  1. Pisang. Pisang memiliki kandungan gula yang dapat menenangkan sel-sel orexin. Sementara itu, kandungan magnesium dan potasiumnya membantu mengendurkan otot-otot yang tegang. Oleh sebab itu, jangan heran jika makan pisang sebelum melelapkan mata dapat meningkatkan nyenyaknya tidur, Makanan yang Membuat Ngantuk.
    Pisang
    Pisang
  2. Markisa. Sebuah studi yang dilakukan di Australia menemukan bahwa minum secangkir teh bunga markisa membantu tidur lebih nyenyak. Markisa kaya dengan alkaloidyang membantu menenangkan sistem saraf. Efeknya membuat seseorang mengantuk, Makanan yang Membuat Ngantuk.
    Markisa
    Markisa
  3. Kurma. Buah khas padang pasir ini kaya dengan karbohidrat. Inilah zat yang memicu kenaikan kadar gula darah dengan cepat. Kurma juga memiliki cukup banyak L-tryptophan. Paduan antara karbohidrat dan L-tryptophan membantu pengeluaran insulin. Dan, dengan kedua zat tersebut  mempromosikan seseorang lebih gampang terlelap saat mengantuk, Makanan yang Membuat Ngantuk.
    Kurma
    Kurma
  4. Ceri. Buah berwarna merah ini membantu orang mudah tertidur dengan nyenyak. Studi yang dipublikasikan European Journal of Nutrition menemukan, minum satu ons jus ceri dua kali sehari pada pagi dan malam selama seminggu, akan membantu penambahan waktu tidur selama 25 menit. Penyebabnya, nutrisi ceri yang bertemu dengan L-tryptophan merangsang pembentukan serotonin dan melatonin. Ini memengaruhi siklus tidur. Melatonin dalam kadar tinggi meningkatkan peluang untuk tidur nyenyak,Makanan yang Membuat Ngantuk.