Manfaat dan Khasiat Tomat Ungu

Manfaat dan Khasiat Tomat Ungu - Tomat berwarna ungu saat ini sedang dikembangkan di Kanada. Buah ini merupakan hasil rekayasa genetik untuk mendapatkan jenis tomat baru dengan kandung nutrisi yang seperi terdapat pada buah blueberry. Peneliti yang mengembangkan tomat ungu meyakini bahwa nilai gizi di dalamnya dapat meningkatkan nilai gizi, termasuk saat buah dijadikan produk olahan sepeti saus tomat atau toping pizza, Manfaat dan Khasiat Tomat Ungu.
Manfaat dan Khasiat Tomat Ungu
Manfaat dan Khasiat Tomat Ungu

Sebelumnya pengembangan tomat ungu dilakukan di Inggris. Saat itu percobaan diutamakan untuk menyuntikkan anthocyanin atau pigmen ungu ke dalam tomat. Ini bukan pigmen biasa, namun bernilai antioksidan. Dan, anthocyanin adalah satu satu antioksidan yang mampu melawan kanker saat diujicobakan pada hewan, Manfaat dan Khasiat Tomat Ungu.
Manfaat Tomat Ungu
Manfaat Tomat Ungu

    “Dengan tomat ungu ini Anda bisa mendapatkan kandungan yang sekarang ada dalam blueberry and cranberry yang manjur untuk kesehatan – tetapi yang bisa juga diimbuhkan dalam makanan yang dikonsumsi orang dalam jumlah besar dan dengan harga terjangkau,” kata Profesor Cathie Martin dari John Innes Centre di Norwich, Inggris, seperti dikutip BBC, Manfaat dan Khasiat Tomat Ungu.

Kegunaan Tomat Ungu
Kegunaan Tomat Ungu
Dalam rekayasa genetik pada tomat ini, pigmen ungu diambil dari gen buah naga. Modifikasi dari gen menyebabkan tanaman tomat membiarkan terbentuknya anthocyanin yang akhirnya memengaruhi kemunulan warna ungu pada buah, Manfaat dan Khasiat Tomat Ungu.
Khasiat Tomat Ungu
Khasiat Tomat Ungu

Saat ini Kanada segera mengirimkan sekitar 1.200 liter jus tomat ungu ke Inggris. Kemungkinan buah ini akan mendapatkan pangsa pasar baru mengingat manfaatnya cukup bagus bagi kesehatan tubuh, Manfaat dan Khasiat Tomat Ungu.