Gempa Bumi di Kebumen

Gempa Bumi di Kebumen - Tak ada angin dan tak ada hujan, tiba-tiba saja pada Sabtu 25/1 pukul 12.14 WIB sebuah goncangan gempa terjadi di 104 km barat daya Kebumen. Gempa Kebumen itu tercatat cukup besar, yaitu 6.5 pada skala richter. Pusat gempa sendiri berada di wilayah laut kedalaman 48 km tepatnya pada 8.48 LS-109.17 BT, Gempa Bumi di Kebumen.
Gempa Bumi di Kebumen
Gempa Bumi di Kebumen

Guncangan yang berlangsung hampir selama 30 detik itu sempat membuat penduduk di wilayah Kebumen, Yogyakarta, Banyumas, bahkan hingga ke Pesisir pantai Selatan Jawa Barat panik. Mereka berlarian keluar dari ruangan dimana mereka berada, sebab ketakutan akan runtuhnya bangunan tersebut, Gempa Bumi di Kebumen.
Gempa Bumi
Gempa Bumi

Tercatat sebuah masjid bernama Masjid Jami At-Taqwa di wilayah Banyumas, Desa Kranggan, Kecamatan Pekuncen, Jawa Tengah roboh akibat gempa tersebut. Untungnya kegiatan sholat berjamaah Dhuhur yang dilakukan penduduk sebelum kejadian gempa, telah bubar dan pulang, Gempa Bumi di Kebumen.
Gempa Jawa Tengah

Penduduk sekitar bernama Rizal, mengaku melihat kejadian robohnya masjid tersebut.

    “Sekitar jam 12 lebih ada gempa sedikit-sedikit makin kencang, tahu-tahu .. Bruk! langsung ambruk keras banget. Untung sudah keluar semua,” terang Rizal seperti dilansir Liputan6, Gempa Bumi di Kebumen.

Kerugian yang diderita untuk peristiwa robohnya masjid tersebut ditaksir mencapai Rp150 juta.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberi keterangan bahwa terdapat 17 rumah yang juga roboh rata yaitu berada pada wilayah Purworejo, Banyumas, Kebumen, Cilacap, dan Magelang. Sementara belasan lainnya mengalami kerusakan parah dan ringan, Gempa Bumi di Kebumen.
Kebumen Gempa Bumi
Kebumen Gempa Bumi

Sementara korban jiwa hingga saat ini belum ditemukan, terang Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta, Sabtu (25/1), Gempa Bumi di Kebumen.

    “Hingga saat ini belum ada laporan korban jiwa. Petugas BPBD masih melakukan pendataan,” tutup Sutopo, Gempa Bumi di Kebumen.