Manfaat Kopi untuk Mengurangi Nyeri Tubuh

Manfaat Kopi untuk Mengurangi Nyeri Tubuh - Sebagian orang memilih meyeruput kopi di pagi hari sebelum bekerja. Ternyata, minum kopi pagi memiliki manfaat kesehatan untuk mendukung pekerjaan di kantor. Menurut studi yang dilakukan ilmuwan Norewegia yang dimuat dalam jurnal BMS Research Notes, kopi pagi dapat meringankan sakit pada leher dan bahu terkait penggunaan komputer yang cukup lama, Manfaat Kopi untuk Mengurangi Nyeri Tubuh.
Manfaat Kopi untuk Mengurangi Nyeri Tubuh
Manfaat Kopi untuk Mengurangi Nyeri Tubuh

Efek ini diduga muncul karena campur tangan kafein. Kafein melakukan pemblokiran hormon adenosine yang dikenal sebagai kimia otak sebagai pemroses rasa sakit. Ketika adenosine tidak dapat melakukan fungsinya, maka efek sakit atau nyeri bisa diredam. Inilah yang kemudian membuat pekerja di depan komputer berkurang rasa sakit di sekitar leher, bahu, dan jari saat mengoperasikan komputer, Manfaat Kopi untuk Mengurangi Nyeri Tubuh.
Manfaat Minum Kopi
Manfaat Minum Kopi

Studi melibatkan 48 relawan yang menghabis 90 menit untuk melakukan pekerjaan menggunakan komputer. Tugas mereka antara lain mengetik dokumen memakai program pengolah kata dan memanfaatkan mouse selama 90 menit tanpa henti. Sebelum bekerja, mereka ada yang diminta minum kopi terlebih dahulu dan ada pula yang tidak. Sekitar 19 relawan minum setengah sampai satu cangkir kopi pada 1 jam 20 menit sebelum percobaan, Manfaat Kopi untuk Mengurangi Nyeri Tubuh.
Minum Kopi Hangat
Minum Kopi Hangat

Hasilnya, semua pekerja merasakan adanya nyeri. Dikutip dari laman The Globe and Mail,  pekerja yang minum kopi merasakan nyeri yang lebih rendah dibandingkan pekerja yang tidak minum kopi, Manfaat Kopi untuk Mengurangi Nyeri Tubuh.
Kegunaan Minum Kopi
Kegunaan Minum Kopi

Mengerjakan tugas komputer selama ini dikaitkan dengan kemunculan rasa sakit atau nyeri pada area  leher, bahu, lengan bawah, dan pergelangan tangan. Selain minum kopi, sebaiknya bekerja dengan komputer juga dibatasi jeda istirahat setelah mencapai waktu tertentu. Misalnya, menggerakkan badan dan melakukan peregangan setelah bekerja selama 20 menit, Manfaat Kopi untuk Mengurangi Nyeri Tubuh.