Cara Mengatasi Rasa Ngilu Gigi Sensitif

Cara Mengatasi Rasa Ngilu Gigi Sensitif - Saat Anda minum es dan terasa gigi mendadak ngilu, itu tanda Anda memiliki gigi sensitif. Salah satu penyebab mengapa gigi menjadi sensitif adalah cara menyikat gigi yang terlalu keras. Lapisan enamel gigi terkikis, lalu akar gigi terekspos ke luar, Cara Mengatasi Rasa Ngilu Gigi Sensitif.
Cara Mengatasi Rasa Ngilu Gigi Sensitif
Cara Mengatasi Rasa Ngilu Gigi Sensitif

Nah, berikut ada 6 tips merawat gigi sensitif Anda agar tak lagi jadi sering terasa ngilu, seperti dilansir oleh Boldsky, Cara Mengatasi Rasa Ngilu Gigi Sensitif:
Gigi Ngilu
Gigi Ngilu

  1. Menjaga kebersihan mulut. Kebersihan wilayah mulut harus terus dijaga, dengan cara menyikat gigi 2 kali sehari. Gunakan benang gigi untuk membersihkan kotoran di sela-sela mulut, dan terakhir, pakai mouth wash atau obat kumur untuk meminimalkan bakteri di mulut Anda, Cara Mengatasi Rasa Ngilu Gigi Sensitif.
  2. Pasta gigi khusus. Pasta gigi untuk gigi sensitif berbeda dengan pasta gigi biasa. Memang harganya sedikit berbeda, namun itu yang terbaik bagi perawatan gigi Anda. Ia berfungsi melindungi agar Anda tak lagi sering merasa nyeri dan ngilu saat minum yang dingin atau panas, Cara Mengatasi Rasa Ngilu Gigi Sensitif.
  3. Sikat gigi lembut. Jika Anda memakai sikat gigi dengan bulu sikat yang kasar, maka kadar sensifitas Anda akan meningkat, Cara Mengatasi Rasa Ngilu Gigi Sensitif.
  4. Gosok perlahan. Menggosok gigi pun sebenarnya disarankan untuk perlahan, walau gigi Anda tak sensitif. Saat Anda menggosok dengan keras, maka lapisan luar gigi akan menipis dan akar akan terekspos keluar. Ini yang bikin gigi Anda terasa ngilu, Cara Mengatasi Rasa Ngilu Gigi Sensitif.
  5. Makanan asam. Hindari makanan mengandung asam. Misalnya cuka, jus, salad, atau jenis minuman dari jeruk. Ini menyebabkan enamel gigi menjadi tipis. Atau bila terpaksa, usahakan berkumur agar lapisan asam tersebut tak menempel lama, Cara Mengatasi Rasa Ngilu Gigi Sensitif.
  6. Kumur air hangat. Bila Anda ingin makan atau minum es, maka usahakan untuk berkumur sesudahnya. Ini akan membuat gigi Anda berkurang sensitifitasnya, Cara Mengatasi Rasa Ngilu Gigi Sensitif.