Bahaya Hamil dalam Keadaan Obesitas

Bahaya Hamil dalam Keadaan Obesitas - Ibu hamil sebaiknya mempersiapkan diri untuk tidak mengalami obesitas ketika selama masa kehamilan. Studi terbaru yang dilakukan Royal Brisbane and Women’s Hospital menemukan bahwa obesitas ini dapat memicu kematian ibu hamil dan peningkatan cacat lahir dari janin yang dikandung. Demikian informasi yang dikutip dari DNA India.

Associate Professor Rebecca Kimble, peneliti, mengungkapkan ada tren peningkatan yang dialami wanita hamil dengan obesitas terhadap kasus tersebut. Merujuk pada data tahun 2008 sampai 2012, ditemukan ada 25 persen wanita hamil yang mengalami kelebihan badan 20 persen yang sudah obesitas.
Bahaya Hamil dalam Keadaan Obesitas

Dari data ini Prof Kimble mengatakan, wanita hamil yang bermasalah dengan berat badan lebih mungkin untuk mengalami beberapa risiko kehamilan. Contohnya adalah risiko anestesi, kelahiran prematur, komplikasi pasca operasi, hipertensi, hingga diabetes .

Masalah tidak berhenti sampai di situ. Berbagai faktor risiko tersebut juga bisa menjalar pada kesehatan janin. Kelebihan berat badan dan obesitas turut berkontribusi pada risiko cacat lahir, lahir dalam keadaan meninggal, dan kematian janin akhir.

Oleh karena itu, sangat penting bagi ibu hamil memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsinya dan melakukan gaya hidup sehat agar memiliki fisik yang terkendali. Penambahan berat badan kehamilan yang normal mengurangi masalah kesehatan pada ibu hamil dan janin, Bahaya Hamil dalam Keadaan Obesitas.