Tidak Tidur Semalam Bisa Merusak Otak

Tidak Tidur Semalam Bisa Merusak Otak - Perlu Anda pahami, tidur akan membebaskan otak dari zat beracun. Kurangnya tidur membuat racun ini sebagian tetap berada di otak dan melakukan kerusakan. Beberapa efeknya adalah peningkatan risiko penyakit Alzheimer dan Parkinson. Dan, menurut studi terbaru dari Universitas Uppsala di Swedia, tidak tidur satu malam saja sudah mampu memberikan kerusakan otak yang signifikan.

Penyebabnya yaitu, terjadi peningkatan zat kimia NSE dan S-100B yang ada di otak. Zat ini kimia alami yang bertindak sebagai perusak otak. Kekuatannya cukup dahsyat. Menumpuknya kedua zat ini akibat begadang semalaman, memiliki efek merusakkan otak setara dengan orang yang terkena pukulan di kepala dan mengalami gegar otak.
Tidak Tidur Semalam Bisa Merusak Otak
Tidak Tidur Semalam Bisa Merusak Otak

    ” Apa yang kami temukan adalah kadar  mereka (NSE dan S100B) di dalam darah meningkat pada kelompok (relawan) yang tidak tidur untuk satu malam. Tidak jauh beda dengan yang terjadi setelah cedera kepala, misalnya , tapi itu masih signifikan,” kata Profesor Christian Benedict, peneliti, seperti dikutip Daily Mail.

Tidur bisa membersihkan kedua zat kimia beracun ini dari otak. Dan, pembersihan dilakukan selama seseorang dalam proses tidur. Jika tidur tidak dilakukan , orang kemungkinan mengalami kehilangan sebagian jaringan otak. Orang memerlukan tidur secara rutin agar kesehatan otaknya tetap terjaga.

    “Kesimpulannya, temuan percobaan kami menunjukkan tidur malam yang baik mungkin penting untuk menjaga kesehatan otak,” tambah Benedict, Tidak Tidur Semalam Bisa Merusak Otak.