Membuat Obat Batuk dari Jahe dan Jeruk Nipis

Membuat Obat Batuk dari Jahe dan Jeruk Nipis - Terserang batu berdahak sangat merepot. Banyaknya dahak sering membuat tenggorokan sakit lantaran terlalu sering berbatuk untuk mengeluarkannya. Apalagi saat malam tiba, batu menjadi pengganggu nyenyaknya tidur.

Dahak pada batuk muncul dari tetesan yang berasal dari belakang hidung, Tetesan atau mukus ini lalu turun ke tenggorokan sehingga menjadikan iritasi. Hal ini kemudian dapat berubah menjadi batuh berdahak.
Membuat Obat Batuk dari Jahe dan Jeruk Nipis

Banyak pilihan obat untuk menyembuhkan batu. Tapi jika ingin menyembuhkannya memakai bahan alami, coba saja beberapa bahan berikut:

  1. Jahe. Jahe hangat akan membuat lega tenggorokan. Di dalam jahe terdapat antibiotik alami yang akan melawan bakteri pemicu batuk. Di samping itu, sistem kekebalan tubuh ikut menguat dengan jahe. Walhasil perpaduan aksi ini dapat mengusir penyakit. Minum jahet hangat untuk menyembuhkan batuk minimal sekali dalam sehari. Memadukan jahe dengan kencur kemungkinan lebih efektif.
  2. Air jeruk nipis. Ini cara kuno yang diresepkan turun temurun untuk mengobati batuk. Caranya, belah jeruk nipis dan teteskan kecap atau madu. Peras sambil minum air jeruk tersebut.  Ulangi dua sampai tiga kali sehari.
  3. Daun sirih. Menggunakan daun ini untuk obat batu adalah dengan mengambil sarinya. Caranya, ambil beberapa lembar daun sirih dan rebus bersama tiga gelas air. Biarkan rebusan sampai satu gelas, lalu saring dan minum saat hangat. Masukkan jahe untuk mendapatkan rasa lebih nikmat dan manfaat lebih luas, Membuat Obat Batuk dari Jahe dan Jeruk Nipis.