Gejala PCOS diawali Menstruasi Tidak Teratur

Gejala PCOS diawali Menstruasi Tidak Teratur - Menstruasi biasanya dirasakan wanita setiap bulan sekali. Hanya saja pada anak yang menginjak remaja, seringkali ditemui  awal siklus menstuasinya  mereka tidak teratur. Bila ketidakteraturan ini berlanju sampai mereka remaja, bahkan dewasa, sebaiknya segera periksakan ke dokter spesialis. Pasalnya bisa jadi wanita muda dengan kondisi demikian mengalami Polycystic Ovarian Syndrome(PCOS).

Dikutip Times of India, PCOS merupakan kelainan endokrin yang ditandai dengan meningkatnya hormon pria (androgen) di dalam tubuh. Ini akan mengganggu pertumbuhan dan pelepasan sel telur dari ovarium. Akibatnya ovulasi tidak terjadi dan menstruasi menjadi kurang teratur.

Wanita yang memiliki masalah PCOS diketahui punya risiko lebih tinggi terhadap hipertensi, koleterol tinggi, hingga kanker endometrium. Mereka cenderung resisten pada insulin sehingga rentan terkena diabetes. Beberapa gejala yang muncul di antaranya penambahan berat badan, pertumbuhan rambut di tubuh dan wajah, penipisan rambut kepala, berjerawat, dan kemandulan.
Gejala PCOS diawali Menstruasi Tidak Teratur

Gadis-gadis muda mungkin kerap menemui gejala tersebut. Mereka sudah mulai mengenal masa stres sehingga bisa menimbulkan gejala sindrom ini. Dan, PCOS bisa diidentifikasi sejak usia dini dan remaja harus mengelola kecemasan sembari memperoleh penanganan.

Suzanne Kavic, MD, division director Reproductive Endocrinology di Loyola University Health System, mengatakan, PCOS bisa diobati dengan melakukan kombinasi dari berolahraga, diet yang dimodifikasi, dan pemberian obat-obatan. Berat badan ideal dapat membantu hormon pria dan kadar gula darah, yang pada gilirannya nanti bisa mengembalikan proses ovulasi dan menstruasi.

Untuk pendeteksian dini dan penanganannya, kasus menstruasi tidak teratur sebaiknya tidak disimpan sebagai masalah pribadi. Konsultasikan hal tersebut pada dokter spesialis agar tegak diagnosa penyebabnya, Gejala PCOS diawali Menstruasi Tidak Teratur.