Cara Aman Membersihkan Abu Vulkanik

Cara Aman Membersihkan Abu Vulkanik - Lontaran abu vulkanik akibat letusan Gunung Kelud yang terjadi hampir di setengah Pulau Jawa, membawa ancaman masalah kesehatan seperti ISPA dan sakit mata. Untuk itu tumpukan abu atau debu vulkanik harus segera dibersihkan dari dalam dan luar rumah.
Cara Aman Membersihkan Abu Vulkanik

Tak seperti debu biasa, debu vulkanik berstruktur tajam dan cukup sulit dibersihkan. Untuk memudahkan Anda membersihkan debu tersebut, berikut cara amannya seperti dilansir oleh Vemale:

  1. Selalu gunakan masker atau penutup hidung, juga kaca mata lebar untuk mencegah butiran debu masuk ke dalam organ sensitif Anda itu. Basahi sedikit di bagian depan masker, agar debu terhenti dan tak ikut terhirup nafas Anda.
  2. Basahi dahulu debu dengan percikan air, agar mudah dikumpulkan dengan sapu atau penyedot debu dan tak beterbangan kemana-mana.
  3. Gunakan sedikit detergen khusus untuk pengepel lantai dalam air yang Anda pakai.
  4. Gunakan lap basah yang juga diberi campuran detergen, agar debu tak menggores perabot kaca dan keramik.
  5. Bilas lap yang telah kotor dengan air mengalir, agar debu kasar terbawa aliran air.
  6. Buka semua ventilasi udara di rumah, jika Anda membersihkan bagian dalam. Ini memudahkan pertukaran udara terjadi.
  7. Usahakan tak menyiram air terlalu banyak pada saat membersihkannya, sebab ia akan berubah menjadi seperti lumpur yang makin sulit dibersihkan.
  8. Kumpulkan debu dalam wadah seperti karung atau plastik, dan jangan alirkan ke saluran air atau parit. Ia akan menyumbat saluran air Anda. Anda bisa menggunakan debu itu sebagai pupuk tanaman atau media tanam.

Nah, selamat membersihkan rumah dan halaman sekitar dari debu vulkanik, Cara Aman Membersihkan Abu Vulkanik.