Adik Sherlock Holmes: Mycroft Holmes

Adik Sherlock Holmes: Mycroft Holmes - Mycroft Holmes adalah adik laki-laki Sherlock Holmes. Ia memiliki daya observasi yang sama hebatnya dengan Sherlock. Tapi, ia tak punya energi sebesar energi sang kakak dalam memanfaatkan hasil-hasil pengamatannya. Maksudnya, Mycroft tidak mau memanfaatkan kemampuan penalarannya untuk memecahkan suatu kasus kejahatan seperti yang dilakukan Sherlock.

    “…dia tidak punya ambisi dan energi. Dia bahkan tak mau keluar dan menguji solusi-solusinya sendiri, dan lebih suka dianggap salah daripada repot-repot membuktikan bahwa dia benar. Aku sering mengajukan sebuah problem kepadanya dan menerima sebuah penjelasan yang kemudian terbukti tepat. Namun, dia tetap tidak mampu mengerjakan poin-poin praktis yang harus dilakukan sebelum sebuah kasus dapat diajukan di depan seorang hakim atau juri…”


    -- Sherlock Holmes kepada Watson dalam “The Adventure of the Greek Interpreter” (Penerjemah Bahasa Yunani)


Adik Sherlock Holmes: Mycroft Holmes
Kredit gambar: Baker Street Wikia
Dalam film A Game of Shadows yang dibintangi Robert Downey Jr., sekilas terlihat bahwa badan Mycorft (diperankan Guy Ritchie) lebih besar. Orang akan mudah menduga bahwa ia adalah kakak sang detektif. Tapi, ia memang lebih muda daripada Sherlock. Agaknya, keluarga Holmes memang memiliki gen yang memungkinkan keturunannya untuk melakukan penalaran secara luar biasa. Buktinya, selain Sherlock, ada juga Mycroft.

Mycroft juga muncul dalam cerita "The Final Problem" dan "The Bruce-Parlington Plans", Adik Sherlock Holmes: Mycroft Holmes.