Resep Cara Membuat Lasagna Kentang

Resep Cara Membuat Lasagna Kentang - Lasagna makin populer di Indonesia. Masakan dari Italia ini memiliki rasa yang khas dan penyajian yang berlapis seperti halnya sandwich. Cara membuatnya mudah. Coba ikuti petunjuk resep ini:

Bahan dasar lasagna:

    Kentang kukus 100 gram, haluskan
    Tepung terigu protein sedang 200 gram
    Telur 1 butir
    Garam ¼ sdt

Resep Cara Membuat Lasagna Kentang
Resep Cara Membuat Lasagna Kentang
Bahan isi:

    Bawang putih 2 siung, cincang halus
    Bawang bombay 1 butir, cincang halus
    Daging giling 200 gram
    Tepung terigu protein sedang 1 ½ sdm
    Tomat pasta 2 sdm
    Saos tomat 3 sdm
    Garam 1 sdt
    Merica hitam bubuk 1 sdt
    Gula pasir ½ sdt
    Kaldu sapi 500 ml
    Seledri cincang ½ sdt
    Margarin 2 sdm untuk menumis

Bahan saus putih:

    Margarin 25 gram untuk menumis
    Bawang bombay ¼ butir, cincang halus
    Tepung terigu protein sedang 25 gram
    Susu cair 400 ml
    Garam 1 sdt
    Merica bubuk ¼ sdt
    Pala bubuk ½ sdt
    Thyme ¼ sdt
    Gula pasir ½ sdt
    Keju cheddar parut 200 gram sebagai taburan

Cara membuat:

  1. Masukkan semua bahan lasagna dalam sebuah wadah dan aduk hingga terlihat menggumpal. Buat menjadi tipis memakai gilingan mie.
  2. Rebus air sampai mendidih lalu masukknya minyak sayur dan garam ½ sdt. Masukkan adonan lasagna tipis ke dalamnya dan angkat ketika sudah setengah matang. Tiriskan airnya.
  3. Lanjutkan dengan membuat isian. Tumis bawang putih dan bombay hingga tercium harum. Tambahkan daging giling dan aduk hingga warna daging berubah. Kemudian masukkan terigu dan aduk hingga muncul butiran. Lanjutkan dengan memasukkan tomat pasta, saus tomat, garam, merica hitam bubuk, garam, dan gula pasir. Tambahkan kaldu sapu perlahan dan aduk hingga kental. Saat mulai mendidih, tambahkan seledri dan aduk sebentar sebelum diangkat.
  4. Untuk membuat saus putih, tumis dahulu bawang bombay hingga wangi. Masukkan terigus dan aduk hingga berbutir. Lanjutkan menuang susu cair dengan perlahan dan aduk hingga tampak licin. Tambahkan garam, gula, merica, pala, dan thyme. Biarkan masakan ini terlihat mengental.
  5. Taruh lasagna pada pinggan yang diolesi margarin. Berikan taburan isi, lalu tumpuk dengan lasagna lain, dan siram memakai saus putih beserta tambahan keju paru.
  6. Taruh pinggan pada loyang yang diberi sedikit air dan panggang dengan oven selama 40 menit sampai terlihat matang, Resep Cara Membuat Lasagna Kentang.