Penyebab dan Solusi Mata Kering

Penyebab dan Solusi Mata Kering - Mengalami mata kering sangat tidak nyaman dirasakan. Mata terasa gatal, terjadi peradangan, iritasi, dan merasa ada sesuatu di mata. Mata kering disebabkan jumlah air mata tidak cukup untuk melembabkan semua bagian mata. Pelumasan mata tidak terjadi secara sempurna.

Air mata adalah agen penting bagi mata. Selain berguna untuk membersihkan debu yang masuk ke mata, air mata juga dapat menenangkan dengan menyediakan oksigen dan nutrisi bagi kornea. Dengan air mata, Anda lebih tahan terhadap serangan mikroorganisme yang dapat menginfeksi mata.
Penyebab dan Solusi Mata Kering

Berkedip secara kontinyu adalah salah satu cara untuk menyukupi kebutuhan pelumasan pada mata.Saat seseorang membaca atau memainkan gadget-nya, mata mereka cenderung lebih sedikit berkedip. Inilah salah satu pemicu mata kering.

Meski begitu, mata kering tidak melulu disebabkan oleh kebiasaan yang salah. Kurangnya kelembaban pada mata juga dipicu oleh penuaan. Pada saat seseorang bertambah tua, produksi air mata ikut berkurang. Pada akhirnya terjadi penurunan dalam proses melembabkan mata. Padahal air mata dapat menguap secara cepat, di samping karena faktor lingkungan seperti udara berdebu, cuaca, dan sebagainya.

Solusi terbaik menghindari mata kering adalah menghindari pemicunya. Jika mata kering akibat Anda berlebihan menatap televisi atau membaca, berikan jeda waktu bagi mata untuk istirahat setidaknya 30 menit sekali. Atau jika disebabkan kurang tidur, segera cukupi kebutuhan tidur Anda. Bila mata kering berlangsu hingga beberapa hari meski sudah mendapatkan tetes mata, sebaiknya konsultasikan dengan dokter mata perihal yang Anda rasakan, Penyebab dan Solusi Mata Kering.