Merawat, Menjaga dan Mengembalikan Kilau Jaket Kulit

Merawat, Menjaga dan Mengembalikan Kilau Jaket Kulit - Mengenakan jaket kulit ada kesan istimewa yang ditangkap. Busana ini membuat pemiliknya serasa glamour. Harganya memang tidak murah dan itu sebanding dengan kualitasnya yang tidak mudah rusak. Pada jaket kulit yang diperuntukkan untuk biker, misalnya, memiliki keuntungan lain untuk melindungi tubuh pengendara. Bahan kulit tidak mudah sobek. Bila sampai terjatuh dari motor dapat mengamankan kulit dari lecet.
Merawat, Menjaga dan Mengembalikan Kilau Jaket Kulit
Merawat, Menjaga dan Mengembalikan Kilau Jaket Kulit

Namun jaket kulit kurang menawan kalau mulai terlihat kusam dan warnanya mulai pudar. Disandang tidak lagi menarik. Untuk itu, waktunya jaket dirawat. Dikutip dari laman Merdeka, berikut cara merawat jaket kulit:

  1. Persiapkan bahan-bahan untuk membersihkan jaket kulit, yatu lotion khusus untuk perangkat dari bahan kulit, spons lembut dua buah, dan semir yang biasa untuk mengkilapkan ban. Pilih semir sesuai warna jaket.
  2. Sebelum menerapkan semua bahan, bersihkan dahulu semua kotoran yang menempel pada jaket. Misalnya bercak, debu, dan semua yang terlihat mengganggu memakai spons yang lembut. Kalau bercak dari pengaruh jamur, olesi sedikit dengan minyak goreng untuk membantu pelepasan bercak kotoran tersebut.
  3. Dengan memakai spons bersih lainnya, olesi semua bagian jaket kulit yang sudah bebas kotoran memakai lotion. Tidak masalah jika jaket klit terlihat setengah basah akibat unsur air yang ada pada lotion. Biarkan lotion ini mengering dengan sendirinya.
  4. Setelah semua bagian menering, semprotkan semir ban bertahap ke seluruh permukaan jaket. Usahakan tidak ada sedikit bagian pun yang terlewati. Setelah itu, jemur jaket hingga kering.
  5. Jaket  kulit akan terlihat menawan kembali. Untuk penyimpanan, jauhkan dari tempat yang lembab. Cara ini juga efektif untuk merawat perlengkapan dari bahan kulit lainnya seperti tas atau ikat pinggang, Merawat, Menjaga dan Mengembalikan Kilau Jaket Kulit.